Sejarah,Pengertian Multimedia Dan Manfaatnya

  • Pengertian
Program Multimedia adalah Suatu program yang untuk menyajikan dan menggabungkan teks,suara,gambar,dan video.dengan alat bantu tool sehingga pengguna akan lebih gampang menggunakannya.dan juga bisa berkarya,berinteraksi serta mengedit,dan berkomunikasi,di dunia hiburan multimedia juga sering digunakan sebagai alat hiburan.dan multimedia juga digunakan dalam dunia game.
  • Sejarah Multimedia
Awal mula multimedia berasal dari theater,bukan dari komputer Pada awalnya Multimedia hanya digunakan untuk menonton,mengetik dan pemberi kabar berita,tetapi di zaman sekarang multimedia sangat banyak manfaatnya dan sudah tersebar luas di daerah-daerah,negara,dan dunia.
Lama kelamaan multimedia mulai memasukkan unsur kinetik dan mulai membangkitkan sense realistis.
multimedia juga sangat penting dan membuat banyak peminat karena multimedia bisa menggabungkan antara video,gambar dan juga suara serta menurut lembaga reset komputer menyatakan bahwa orang hanya mampu 20% dari yang dilihat dan 30% dari yang didengarnya.namu orang dapat mengingat 50% dari apa yang dilihatnya dan didengar dan 30% dari yang dilihat,didengar sekaligus.dan tenyata Mulitmedia sangat efektif.
maka multimedia bisa menjadi tool dalam pembelajaran dan pendidikan  serta untuk meraih keunggulan bersaing diperusahaan.                                                                                                  
  • Manfaat Multimedia 

Industri Kreatif

Industri kreatif menggunakan multimedia untuk berbagai keperluan, mulai dari seni, untuk hiburan, untuk seni komersial.

Komersial

Presentasi yang menarik digunakan untuk menjaga perhatian dalam periklanan. Bisnis dan komunikasi seringkali dikembangkan oleh tim kreatif perusahaan untuk menawarkan menjual ide maupun dalam pelatihan dalam bentuk presentasi multimedia

Hiburan dan seni rupa

Selain itu, multimedia ini berisi banyak digunakan dalam industri hiburan, khususnya untuk mengembangkan efek khusus dalam film dan animasi. Permainan populer dalam multimedia sebagaimana permainan dan program perangkat lunak yang telah tersedia baik terdistribusi dalam CD-ROM atau online. Beberapa video games mengajak pengguna untuk berpartisipasi aktif, bukan hanya duduk sebagai penerima pasif informasi.

Pendidikan

Dalam pendidikan, multimedia digunakan untuk memproduksi pelatihan berbasis computer dan buku referensi seperti ensiklopedia dan almanacs yang memungkinkan pengguna melalui serangkaian modul presentasi, teks tentang topik tertentu, dan gambar yang terkait dalam berbagai format informasi. Informal Edutainment adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan menggabungkan pendidikan dengan hiburan, terutama hiburan multimedia. Belajar teori dalam dekade terakhir telah berkembang dramatis karena pengenalan multimedia.

Teknik

Perangkat lunak dapat menggunakan multimedia dalam menciptakan Simulasi Komputer untuk sebagai hiburan dan pelatihan seperti pelatihan militer atau industri. Multimedia sebagai desain antarmuka yang sering dilakukan sebagai sebuah kolaborasi antara kreatifitas dan perangkat lunak

Perindustrian

Di sektor industri, multimedia digunakan sebagai cara untuk menyajikan informasi untuk membantu pemegang saham, rekan kerja dan atasan. Multimedia ini juga bermanfaat untuk memberikan pelatihan karyawan, periklanan dan penjualan produk di seluruh dunia hampir tak terbatas melalui web berbasis teknologi.

Matematika dan penelitian ilmiah

Dalam matematika dan penelitian ilmiah, multimedia dipakai terutama untuk modelling dan simulasi. Misalnya, seorang ilmuwan bisa melihat pada model molekular tertentu dari substansi dan memanipulasinya untuk tiba pada suatu zat baru. Perwakilan penelitian dapat ditemukan di jurnal seperti Journal of Multimedia.

Kesehatan

Dalam Pengobatan, dokter dapat dilatih dengan melihat virtual operasi atau mereka dapat mensimulasikan bagaimana tubuh manusia yang terkena penyakit menular oleh virus dan bakteri dan kemudian mengembangkan teknik untuk mencegahnya.

Gambar Dokumen

Pengambil foto copy / dokumen dan mengkonversi ke dalam format digital

Sumber : 

Etimologi Multimedia | Kurnia Yahya, S.Kom | http://kurnia.nireblog.com
http://bisa-edu.blogspot.com
http://budibatamtoday2012.blogspot.com